SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH      SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) KABUPATEN/KOTA TAHUN 2016

Ditayangkan: Selasa, 05 April 2016

MUSRENBANG merupakan instrumen proses perencanaan pembangunan dan merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka merumuskan kesepakatan dan komitmen para pelaku pembangunan di daerah ini, baik pemerintah daerah, maupun pihak masyarakat, perguruan tinggi, dunia usaha serta pemangku kepentingan lainnya, atas program, kegiatan dan anggaran tahunan daerah, dengan harapan bahwa keluaran MUSRENBANG ini dapat mengakomodasi berbagai aspirasi  seluruh elemen masyarakat, dan merumuskan kebijakan program dan kegiatan pembangunan yang sesuai dengan tuntutan pembangunan yang menjadi prioritas, serta memberi jaminan pada konsistensi antara perencanaan yang akan dirumuskan, dengan kemampuan pendanaan serta pelaksanaannya dengan berbagai pertimbangan kelayakannya.

Selengkapnya ..

PELAKSANAAN ANUGERAH PANGRIPTA NUSANTARA (APN) 2016

Ditayangkan: Selasa, 05 April 2016

UU No. 25/2004, tentang SPPN menjelaskan bahwa perencanaan yang baik menjadi satu satu penentu keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional. Setiap daerah memiliki isu, karakteristik dan kapasitas yang berbeda dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan. Upaya peningkatan mutu dilakukan melalui pemberian penghargaan bagi daerah yang berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan secara baik. Penilaian penghargaan ini diharapkan memberikan dorongan semangat bagi daerah untuk meningkatkan mutu dokumen rencana pembangunan dan memperkuat kemitraan dalam perencanaan pembangunan. Dalam rangka pelaksanaan  penilaian APN 2016, maka beberapa  agenda kegiatan yang telah dilaksanakan di Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu sebagai berikut :

Selengkapnya ..

FORUM KOORDINASI DAN KOMUNIKASI (FORKKOM) XIV BAPPEDA SE-SULAWESI TENGAH

Ditayangkan: Selasa, 05 April 2016

Acara Forum Koordinasi dan Komunikasi (FORKKOM-XIV) Bappeda se-Sulawesi Tengah Tahun 2016 dibuka oleh Pejabat Bupati Poso Jumat, (29/2/2016), di Siuri Cottage Desa Toinasa Kecamatan Pamona Barat. FORKKOM XIV  Bappeda se-Sulawesi Tengah Tahun 2016 ini mengangkat tema “ Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Guna Meletakan Landasan Pembangunan   yang Berkualitas dengan Menjaga Kelestarian Hutan, Air dan Energi  di Sulawesi TengahAdapun maksud  dari pelaksanaan FORKKOM XIV  Bappeda se-Sulawesi Tengah Tahun 2016 ini adalah

Selengkapnya...

FORUM SKPD PROVINSI SULAWESI TENGAH TAHUN 2016

Ditayangkan: Selasa, 05 April 2016

Dalam kerangka Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, salah satu tahapan kegiatan dalam proses perencanaan pembangunan adalah Kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (Forum-SKPD). Forum SKPD ini merupakan wadah bersama antar pelaku pembangunan dalam rangka membahas prioritas kegiatan pembangunan dengan SKPD atau gabungan SKPD sebagai upaya mengisi Rencana Kerja (Renja) SKPD yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh BAPPEDA. 

Selengkapnya ..

FORUM KEPALA BAPPEDA PROVINSI SE-KTI XI TAHUN 2016

Ditayangkan: Selasa, 05 April 2016

Tema “Implementasi Tol Laut dan Penganggaran Hijau untuk Mendukung Percepatan Pembangunan”

Dalam Rangka Forum Kepala BAPPEDA Provinsi se-KTI XI, tanggal 1 – 2 Maret 2016 di Hotel Arya Duta Jakarta. Pertemuan Forum Kepala Bappeda Provinsi Se-KTI XI dilaksanakan, Rabu (2/3/2016). Peserta terdiri dari Kepala Bappeda Provinsi se-KTI da Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Bappenas, Kelompok Kerja Forum KTI yang fokus pada Forum Kepala Bappeda Provinsi se-KTI dan Jaringan Peneliti KTI (JiKTI), Perwakilan dari Aktivitas Pengetahuan Hijau-Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia. Forum ini bertujuan : (1) Mengetahui perkembangan/update progres dari permasalahan pengembangan pelabuhan yang terdapat di Kawasan Timur Indonesia serta infrastruktur penunjangnya (2) Mengidentifikasi isu strategis terkait dengan pengembangan Pelabuhan Bitung sebagai Hub Internasional wilayah Timur Indonesia serta infrastruktur penunjangnya (3) Melakukan debottlenecking dan langkah-langkah strategis yang diperlukan dalam rangka percepatan pembangunan pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia, dan (4) Mendapatkan masukan yang lebih komprehensif mengenani konsep, manfaat, dan penerapan Penganggaran Hijau.

Selengkapnya...

SOSIALISASI RENCANA AKSI PANGAN DAN GIZI (RAD-PG) MULTISEKTOR PROVINSI SULAWESI TENGAH TAHUN 2015-2019

Ditayangkan: Selasa, 05 April 2016

Rabu, (2/3/2016), bertempat di Hotel Mercure,  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang Perekonomian dan Pengembangan Wilayah melaksanakan Sosialisasi Rencana Aksi Pangan dan Gizi (RAD-PG) Multi Sektor Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2015-2019.  Peserta pada sosialisasi Ini berasal dari SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang terkait dengan penyusunan RAD-PG multi sektor Provinsi Sulawesi Tengah; Bank Indonesia, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional serta Balai POM Provinsi Sulawesi Tengah; Bappeda, DinasKkesehatan dan Badan Ketahanan Pangan kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah dan Tim RAD-PG Multi Sektor Provinsi Sulawesi Tengah.

Selengkapnya ..