SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH      SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH

Sosialisasi Hasil Pendaftaran Usaha/Perusahaan Sensus Ekonomi 2016

Ditayangkan: Rabu, 24 Mei 2017

Bertempat di Aula Kantor BPS Provinsi Sulawesi Tengah  (Sulteng) pagi tadi, digelar Launcing Hasil pendaftaran usaha/Perusahaan Sensus ekonomi 2016. Selain kegiatan tersebut diadakan pula Talk Show dengan Tema  “Menakar Besaran Ekonomi Sulawesi Tengah dan Akselerasi Pertumbuhannya”. Hadir sebagai pembicara dalam acara itu, Kepala BAPPEDA Provinsi Sulteng Prof Dr rer pol Patta Tope SE, dan Kepala BPS Provinsi Ir. Faizal Anwar MT, dengan Moderator Lunggy Giarinsyah, dari TVRI Sulteng.

Dalam talk show tersebut, disebutkan pula tujuan dari pendataan SE2016 oleh BPS, yang Pertama, Menyajikan data dasar unit usaha/perusahaan dan aktivitas usaha diluar usaha pertanian sampai wilayah administrasi yang terkecil (small area statistics). Kedua, Menyusun peta dan direktori perusahaan Usaha Menengah Besar (UMB) yang lengkap dan terpadu untuk setiap wilayah Kabupaten/Kota. Ketiga, Memperoleh populasi UMB dan Usaha Mikro Kecil (UMK) menurut wilayah maupun lapangan usaha. Dan keempat, Menyusun kerangka sampel (sampling frame) survei bidang ekonomi, kecuali wilayah kabupaten daerah perdesaan.

Sementara dari hasil Pendaftaran (Listing) Usaha Sensus Ekonomi 2016 Sulteng, yang dikeluarkan BPS seperti dikutip dari Humas BPS Sulteng, Tercatat sebanyak 343.705 Usaha meningkat 77,51 % dibanding Hasil Sensus Ekonomi 2006, yaitu sebanyak 193.626 Usaha. Untuk UMK sendiri didominasi Usaha Perdagangan, Industri Pengolahan, serta Akomodasi & Makan, Minum. Sementara UMB didominasi Usaha Perdagangan, Jasa Keuangan dan Asuransi, serta Konstruksi.

 

Adapun salah satu kegiatan lanjutan SE2016 di Tahun 2017, yang bertajuk  Pendataan Usaha Menengah Besar dan Usaha Menengah Kecil atau Pendataan UMB-UMK pada Agustus-September, sebanyak 3.133 UMB dan 340.572 UMK (sampel) diseluruh wilayah Sulawesi Tengah akan menjadi responden pendataan ini. 

Pin It
Dilihat: 23108