SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH      SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH

FORUM SKPD PROVINSI SULAWESI TENGAH TAHUN 2016

Ditayangkan: Selasa, 05 April 2016

Dalam kerangka Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, salah satu tahapan kegiatan dalam proses perencanaan pembangunan adalah Kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (Forum-SKPD). Forum SKPD ini merupakan wadah bersama antar pelaku pembangunan dalam rangka membahas prioritas kegiatan pembangunan dengan SKPD atau gabungan SKPD sebagai upaya mengisi Rencana Kerja (Renja) SKPD yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh BAPPEDA. 

 

Berkenaan dengan hal tersebut, Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Forum SKPD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016 sebagai awal untuk persiapan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2017. Forum SKPD ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari, yakni sejak tanggal 13 s.d. 17 Maret 2016. Acara Pembukaan Forum SKPD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016 dilaksanakan,Sabtu (13/3/2016) bertempat di Ruang Nagana Kantor Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah. Peserta yang hadir dalam acara pembukaan Forum SKPD ini yaitu: (1) Ketua Komisi I, II, III, dan IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah yang juga menjadi sebagai narasumber, (2) Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, (3) Para Asisten, Staf Ahli, dan Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,  (4) Para Bappeda Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah, dan (5) para wartawan baik media cetak maupun elektronik.

Acara pembukaan Forum SKPD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016 dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. Dalam arahan/ sambutannya, beliau mengutarakan beberapa isu-isu strategis daerah yang perlu menjadi perhatian dan disikapi (dibahas) dalam Forum SKPD, yaitu antara lain:

·           Bahwa dalam pelaksanaan agenda pembangunan Sulawesi Tengah ditahun 2017, diperlukan strategi bersama, berupa langkah-langkah yang menyeluruh disegala aspek dan bidang pembangunan daerah yang lebih terarah.

·           Penting artinya dalam memelihara dan mempertahankan momentum kebangkitan ekonomi Sulawesi Tengah, yang pada tahun 2015 pertumbuhannya mencapai 15,56 persen. Pertumbuhan yang tinggi secara otomatis akan membuka kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat mengurangi tingkat pengangguran. Namun demikian kiranya penting diperhatikan masalah pemberdayaan ekonomi rakyat terutama untuk meredam ketimpangan pendapatan dimasa mendatang.

·           Selain indikator keberhasilan ekonomi yang kita raih saat ini, perlu kiranya juga kita sadari bahwa sampai saat ini capaian nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulawesi Tengah (66,43 poin) masih berada di bawah rata-rata nasional (68,90 poin).Jika dilihat dari tiga komponen utama pembentukan IPM yaitu kemampuan ekonomi (pengeluaran riil perkapita), kesehatan masyarakat yang ditandai dengan angka harapan hidup serta tingkat pendidikan yang direfleksikan dengan angka harapan lama sekolah, maka dua komponen terakhir yang perlu mendapat perhatian kita semua baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

·           Rendahnya angka harapan hidup mewajibkan kita untuk memprioritaskan program-program di bidang kesehatan, terutama yang mendukung peningkatan angka harapan hidup masyarakat sulawesi tengah. Selanjutnya agenda peningkatan mutu pendidikan perlu difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang menunjang peningkatan angka harapan lama sekolah.

·           Selain yang menjadi fokus utama agenda pembangunan daerah, maka kegiatan kita di tahun depan juga harus diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 yang memuat 9 (sembilan) agenda prioritas nawacita.Prioritas-prioritas pembangunan ini hendaknya dijadikan acuan dalam penyusunan program dan kegiatan serta pengalokasian anggaran bagi seluruh SKPD dalam dokumen RKPD provinsi sulawesi tengah tahun 2017.

Adapun tujuan dari Penyelenggaraan Forum SKPD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2016 adalah: (1) Mensinkronkan program dan kegiatan prioritas pembangunan yang berasal dari kabupaten/kota dengan Rancangan Rencana Kerja SKPD (Renja-SKPD) Provinsi Tahun Anggaran 2017; (2) Mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan daerah; (3) Menetapkan prioritas Renja SKPD Provinsi berdasarkan hasil sinkronisasi antara prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari Kabupaten/Kota dengan Rancangan Renja SKPD Provinsi Tahun Anggaran 2017; (4) Menyusun prioritas Renja-SKPD dengan plafon/pagu dana SKPD yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah Rancangan Renja SKPD.

Sedangkan hasil yang diharapkan dari Penyelenggaraan Forum SKPD Tahun 2016 yaitu: (1) Daftar prioritas kegiatan yang pendanaan bersumber, baik dari APBD Provinsi dan APBN yang akan digunakan sebagai bahan pemutakhiran Rancangan RKPD Provinsi yang akan digunakan lebih lanjut sebagai dasar penyusunan RAPBD Tahun 2017; dan (2) Keselarasan Renja RKPD Provinsi khususnya program/kegiatan yang pendanaannya bersumber dari APBD Provinsi serta dengan Rancangan Rencana Kerja Kementrian/Lembaga tahun 2017. (bsm)

 

Dilihat: 30611